Kreasi Fikom Uniga 2008

Created by : Yanri Pratiwi, Ridho Saputro, Junizar C.B, M.Hadi Ginanjar, Cipta Tresnaganda, Andika Cipta, Deden Abdul Rauf, Resty Mustika Pratiwi, Ratih Nisya, Dikri Dzulfakri .

Friday, June 3, 2011

JAJANAN GARUT

 Kabupaten Garut mempunyai berbagai macam makanan khas yang dimilikinya. Garut sendiri terkenal dengan Kota Dodol, itulah salah satu contoh produk khas yang dimiliki Garut, dan makanan itu pun sangat diminati oleh para wisatawan lokal, maupun asing. Selain dodol pun masih banyak makanan khas lainnya yang dibuat sendiri dan menjadi trademark buatan masyarakat asli Garut.  

Setelah Melakukan Garut Tour hal apa yang terpikir dalam benak ? … emm.. Apayah kira-kira Oleh-oleh Garut yang pas kita bawa pulang ke tempat asal? Itu tergantung pilihan anda karena di Garut tedapat Banyak Sekali Oleh-oleh Garut baik berupa Pakaian Khas Garut (Batik), Cendramata, maupun Makanan Garut.

OPAK
Opak dan Kolontong adalah merupakan salah satu makanan tradisional yang menjadi ciri khas suatu daerah, karena memang makanan jenis ini sulit ditemukan di daerah lainnya. Makanan yang mempunyai rasa yang enak dan gurih Opak dan kolontong ini tergolong makanan rendah kolesterol karena pada proses penggorengannya tidak menggunakan minyak tetapi menggunakan proses yang disebut "sangrai" yaitu menggoreng dengan menggunakan media pasir.


DODOL GARUT
 Dodol merupakan makanan khas dari kota Garut provinsi Jawa Barat. Terdapat banyak jenis dari dodol Garut ini, diantaranya adalah dodol wijen, dodol nanas, dodol tomat, dodol durian, dodol coklat, dan masih banyak lagi jenis-jenisnya. Dodol ini termasuk kepada makanan camilan karena rasanya yang manis.


ANGLENG & WAJIT
Angleng dan wajit, sebenarnya sama dengan dodol Garut yang diproduksi dari beras Ketan dan Gula merah. Bedanya adalah Dodol diolah menjadi semacam karamel, sedangkan wajit tidak. Makanan ini diproduksi oleh masyarakat di kabupaten Garut khususnya di Kecamatan Cihurip.


KERUPUK KULIT
Makanan ini berkembang seiring dengan banyaknya penyamakan kulit di kabupaten Garut, karena pada proses penyamakan ada bagian dari bahan baku kulit yang dibuang tidak diolah, maka dapat diproses menjadi kerupuk kulitKerupuk kulit dan dorokdok Garut mempunyai citarasa yang sangat khas. 


BURAYOT
Burayot terbuat dari Gula merah dan tepung beras pilihan, dibuat bundar keriput atau “ngaburayot” (kata orang Sunda) maka dinamakanlah burayot. 




0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates